Jumlah Soal:50 soal
Waktu:120 menit
Mulai:
Selesai:
Sisa:
 

  Kelas : 3, Ujian Nasional/Sekolah (Bahasa Indonesia/Tahun 2018)

1.   Pada saat Dani menyeberang jalan untuk mengejar orang yang ingin membeli korannya, tiba-tiba sebuah mobil menyenggolnya. Dia terjatuh ke pinggir jalan dan koran dagangannya berantakan. Wanita yang mengendarai mobil itu turun, lalu menghampiri Dani yang masih tergeletak. Makna kata menyenggol pada teks tersebut adalah ....
A.Menyentuh dengan maksud merasakan
B.Menendang tanpa sengaja hingga sakit
C.Menggesek dengan badan sampai luka
D.Menabrak bagian samping badan


2.   (1) Malam bulan purnama meriah. (2) Cahaya bulan purnama sangat terang. (3) Keadaan malam bagaikan siang. (4) Yang terang bukan saja di tempat-tempat lapang, bawah pepohonan pun tampak terang. (5) Anak-anak berlompatan, pijaran sorot mata mereka tampak berbinar-binar. (6) Ada yang bermain kejar-kejaran, bermain sumput-sumputan, dan juga ada yang bermain pencak silat.

Maksud kalimat nomor (5) pada teks tersebut adalah ........
A.Anak-anak menikmati permainan pada malam bulan purnama.
B.Anak-anak sedang berbahagia dan antusias untuk bermain.
C.Anak-anak melompat-lompat karena permainannya.
D.Anak-anak bermain dengan meriah pada malam bulan purnama.


3.   Menurut sejarah, kentang ditanam petani Peru sejak 2000 tahun lalu. Baru ketika pada tahun 1524, saat tentara Spanyol mendarat di sana, kentang, kacang tanah, dan merica mulai dikenal dunia. Seorang tentara Spanyol tertarik pada kentang yang tumbuh subur di desa Sorocota, di Pegunungan Andes, Peru. ia membawanya ke Spanyol. Setelah mendarat di Spanyol, ia menyebarkannya ke seluruh penjuru Eropa.

Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ........
A.Penyebar kentang di Eropa adalah tentara Spanyol.
B.Kentang merupakan makanan pokok tentara Spanyol.
C.Penemuan kacang tanah dan kentang dilakukan dengan sengaja.
D.Ketertarikan tentara Spanyol pada kentang karena ditanam di Peru.


4.   (1) Menurut data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia hanya sekitar 0,001 %.
(2) Angka itu lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata minat baca internasional.
(3) Meskipun terpaut jauh dalam selisih angka dalam data tersebut, Pemerintah Indonesia tetap bertekad untuk meningkatkan minat baca masyarakat.
(4) Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan Gerakan Literasi Sekolah (GLS).

Kalimat yang menyatakan pertentangan pada teks tersebut ditandai dengan nomor ........
A.(1)
B.(2)
C.(3)
D.(4)


5.   Seseorang akan diuji dengan apa yang dia miliki. Ketika memiliki ilmu, dia akan diuji dengan seberapa jauh kemampuannya memanfaatkan ilmu. Ketika mempunyai harta, dia akan diuji dengan keikhlasannya mendistribusikan hartanya untuk orang lain. Di saat menduduki suatu jabatan, ia akan diuji dengan seberapa jauh kemampuannya mempertanggungjawabkan wewenang yang diembannya.

Ide pokok paragraf tersebut adalah ........
A.Ujian hidup seseorang
B.Kebahagiaan keluarga
C.Seseorang yang memiliki harta
D.tanggung jawab wewenang


6.   (1) Pembiasaan anak-anak akrab dengan buku seharusnya sudah ditanamkan semenjak mereka duduk di bangku taman kanak-kanak (TK). (2) Setiap TK sebaiknya memiliki perpustakaan. (3) Mulai TK, siswa digiring akrab dan cinta pada buku, (4) Walaupun anak TK masih belum bisa membaca, tetapi mereka menyukai gambar berwarna-warni.

Kalimat utama paragraf berikut ditandai dengan nomor ........
A.(1)
B.(2)
C.(3)
D.(4)


7.   Berdasarkan hasil survei yang dilakukan UNESCO, tingkat membaca masyarakat Indonesia rendah. Namun demikian, pemerintah tidak henti-hentinya melakukan upaya untuk meningkatkan budaya membaca. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menginstruksikan kepada setiap sekolah untuk mencanangkan gerakan 15 menit membaca sebelum pelajaran. Selain itu, dilakukan gerakan kampanye suka membaca kepada anak usia dini.

Simpulan dari teks ini adalah ........
A.Minat membaca akan tumbuh dengan sendirinya sejak usia dini.
B.Kondisi rendahnya minat baca adalah kenyataan yang harus diterima.
C.Pemerintah optimis bahwa minat baca masyarakat dapat ditingkatkan.
D.Dengan 15 menit membaca setiap hari, minat baca dapat meningkat.


8.             Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita sudah mengenal tanaman lidah buaya beserta manfaatnya. Manfaat tumbuhan yang bernama Latin Aloe Vera ini tidak hanya sebagai penyubur rambut, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Tumbuhan tanpa buah ini mempunyai ciri-ciri seperti: daun berbentuk panjang, tebal, dan berwarna hijau. Daunnya mengandung serat bening sebagai daging.
          Meskipun sejak dahulu dikenal memiliki banyak khasiat, belum banyak yang mengetahui bahwa tanaman ini bisa menjadi komoditas yang menguntungkan. Komoditas yang berbahan lidah buaya, di antaranya adalah obat untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit. Jus lidah buaya atau gel sebagai obat pencahar yang baik dan sangat membantu jika mengalami sembelit. Selain sebagai penyubur rambut, lidah buaya juga digunakan sebagai minuman yang menyehatkan.

Ringkasan teks tersebut adalah ........
A.Lidah buaya bermanfaat sebagai penyubur rambut juga untuk kesehatan
B.Lidah buaya sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit.
C.Lidah buaya memiliki ciri-ciri tertentu dan nilai komoditas menguntungkan.
D.Lidah buaya bermanfaat dan memiliki komoditas yang menguntungkan.


9.   Teks 1
Laki-laki dan perempuan tua dan muda,menggemari beragam aktivitas di pantai favorit Bali, Pantai Legian. Merek sandal ternama asal Indonesia pun ikut berkontribusi memberikan kegembiraan dalam acara Lively Legian Beach Festival.

Teks 2
Kesehatan adalah kekayaan utama. Tanpa kesehatan, kita akan sulit menikmati hidup. Kesehatan mudah didapat apabila setiap hari kita berniat menjaganya. Lebih baik mencegah daripada mengobati

Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan cerita tersebut adalah ........
A.Teks 1 : Terdapat kata depan.
Teks 2 : Tidak terdapat kata depan.
B.Teks 1 : Banyak istilah asing.
Teks 2 : Tidak ada istilah
C.Teks 1 : Terdapat konjungsi penambahan.
Teks 2 : Terdapat konjungsi persyaratan.
D.Teks 1 : Bahasa Resmi.
Teks 2 : Bahasa sehari-hari.


10.   Kutipan I
Pada zaman dahulu di sebuah desa tinggal sebuah keluarga yang bahagia. Keluarga itu mempunyai anak cantik bernama Bawang Putih. Kehidupan bahagia itu terganggu saat ibu Bawang Putih sakit keras dan pada akhirnya meninggal dunia. Bawang Putih sangat berduka, begitu juga ayahnya. Sekarang Bawang Putih hanya tinggal berdua bersama ayahnya.

Kutipan II
Seekor anjing yang mendapatkan sebuah tulang dari seseorang, berlari-lari pulang ke tempatnya secepat mungkin dengan senang hati. Ketika dia melewati sebuah jembatan yang sangat kecil, dia merunduk ke bawah dan melihat bayangan dirinya terpantul dari air di bawah jembatan itu. Anjing yang serakah ini mengira dirinya melihat seekor anjing lain membawa sebuah tulang yang lebih besar dari miliknya

Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan cerita tersebut adalah dimulai dengan ........
A.Kutipan I : Pengenalan tokoh.
Kutipan II : Aksi tokoh.
B.Kutipan I : Aksi tokoh
Kutipan II : Pengenalan tokoh.
C.Kutipan I : Lokasi
Kutipan II : Penjelasan masalah
D.Kutipan I : Penjelasan masalah
Kutipan II : Lokasi


11.   Nasib orang tidak pernah diduga. Benar kata orang bijak, jodoh, mati, bahagia, dan celaka itu rahasia Tuhan. Manusia hanya bisa berikhtiar, tetapi Sang Kuasa yang menentukan. Namun, bukan berarti pasrah. Berusaha adalah jalan terbaik. Bahkan, disukai Tuhan. Banyak orang yang tadinya biasa saja, tiba-tiba setelah sekian waktu jadi orang luar biasa. Ketua RT yang tiga tahun mengabdi itu telah menjadi orang penting di perusahaan yang sudah berdiri bertahun lamanya. Ia tengah dipercaya menjadi tangan kanan pimpinan perusahaan itu.

Makna ungkapan tangan kanan pada kutipan cerita tersebut adalah ........
A.Orang kesayangan
B.Orang kepercayaan
C.Orang kebanggaan
D.Kekeluargaan


12.   Di sekolah mereka, murid-murid sedang heboh mengenai wangi bunga yang sangat menyengat saat jam istirahat.
"Wangi apaan nih?"
"Ha ... kok wanginya kayak melati."
"Aku heran dari mana sih datangnya wangi melati ini"
"Gimana kalau kita cari tau dari mana asalnya wangi melati ini. Setuju gak?" tanya Keisha.
Mereka berencana menyusun strategi yang akan dilakukan nanti malam.

Pernyataan yang sesuai dengan isi kutipan cerita tersebut adalah ........
A.Di kelas Keisha ada bunga melati
B.Murid-murid menyenangi wangi bunga melati
C.Murid-murid mendiskusikan cara merawat bunga melati
D.Keisha dan teman-teman ingin mencari sumber wangi di kelasnya


13.             Habiburrahman El Shirazy merupakan sosok fenomenal dalam dunia sastra negeri ini. Beberapa karyanya, antara lain Ayat ayat Cinta dan Ketika Cinta Bertasbih, berhasil mendapat sambutan luar biasa dari pembaca novel tanah air. Bahkan, karya-karyanya telah dibuat dalam bentuk film dan sinetron.
          Menurut Kang Abik, demikian panggilan akrab para penggemar kepadanya, ia dapat membuat beberapa novel dalam satu waktu. "ibarat makan" katanya, "bosan jika harus makan satu menu terus dalam beberapa hari." Strategi selang-seling dalam menulis novel islaminya ia jalani untuk menghindari kejenuhan.
          Pria yang lahir di Semarang, 30 September 1976 ini, mengaku tidak kesulitan membuat novel dalam waktu bersamaan karena ia menulis sesuatu yang diketahui dan dekat dengan kehidupan.

Keistimewaan tokoh pada teks tersebut adalah ........
A.mendapat sambutan gembira dari pembaca novel
B.gemar membaca dan menulis sejak muda
C.dapat menulis beberapa novel dalam satu waktu
D.dapat menerjemahkan buku dari bahasa Arab


14.   Mohammad Hatta, mantan Wakil Presiden Republik Indonesia ini lahir di Bukittinggi Agustus 1902. Ayahnya, Haji Mohammad Djamil, meninggalkannya ketika masih berusia delapan bulan. Mohammad Hatta juga dikenal sebagai tokoh Proklamator Republik Indonesia. Beliau sangat bersahaja dan sederhana dalam hidupnya hingga akhir hayatnya. Sejak duduk di MULO di Kota Padang, beliau telah tertarik pada pergerakan-pergerakan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Mohammad Hatta, masuk ke perkumpulan Jong Sumatrenan Bond.

Hal yang patut diteladani dari tokoh pada teks tersebut adalah ........
A.Sebagai tokoh Proklamator Republik Indonesia
B.Masuk ke dalam perkumpulan Jong Sumatrenan Bond
C.Bersahaja dan sangat sederhana dalam hidupnya
D.Tertarik dengan pergerakan memerdekakan Republik Indonesia


15.   "Bu, Syifa boleh membeli baju?" tanya Syifa. "Boleh," jawab ibu. Atas persetujuan ibu, Syifa berjalan membeli baju. Di tikungan jalan dia bertemu dengan pengemis. Syifa memutuskan untuk tidak jadi membeli baju. "Syifa, mana baju yang kamu beli?" tanya ibu kepada Syifa. "Tidak jadi, Bu ... karena uangnya aku kasih ke pengemis itu", jawab Syifa.
Tidak lama kemudian terdengar suara dari luar rumah memanggil namanya. Syifa bergegas ke luar rumah untuk melihat siapa yang datang. Temyata teman Syifa, Lala namanya."
Tokoh utama pada kutipan cerita tersebut adalah ........
A.Ibu
B.Syifa
C.Lala
D.Pengemis


16.             Pada suatu pagi, Kakek dan Nenek Chen bersiap-siap berangkat ke hutan. Nenek tak lupa membawa bekal untuk makan siang mereka di hutan. Ketika sudah tiba di hutan, mereka melihat anak burung merpati itu menggelepar di tanah. Rupanya anak burung itu terjatuh dari pohon.
          "Aduh, kasihan sekali anak burung ini," kata Nenek sambil mengangkat merpati itu. ia meletakkan anak burung itu di bakul makanan dengan hati-hati. "Kita rawat saja ya, Kek," ujar Nenek. Kakek Chen mengangguk setuju.

Latar tempat pada kutipan cerita tersebut adalah ........
A.Rumah dan dapur
B.Rumah dan hutan
C.Rumah dan pasar
D.Rumah dan warung


17.   "Namaku Aini," Aini mengulurkan tangan sambil menyebutkan namanya.
"O, iya ." jawab gadis yang belakangan diketahui bernama Deswita itu. Tampaknya anak baru itu agak malas menyambut perkenalan Aini.
"Jika kamu butuh informasi tentang sekolah ini, aku bisa bantu, kok," lanjut Aini"
"Maaf, deh. Aku tahu dengan siapa aku harus berteman di kelas baruku ini," Deswita menjawab sambil menaikkan alis matanya.

Cara pengarang menggambarkan watak tokoh Deswita pada kutipan cerita tersebut ........
A.Diceritakan tokoh lain
B.Penggambaran fisik
C.Tingkah laku tokoh
D.Dialog antartokoh


18.             Sepanjang perjalanan pulang, pikiran saya tidak pernah lepas dari sahabat saya yang baik itu. Saya malu. Sebagai sahabat, saya merasa belum berbuat baik padanya. Saya juga tidak yakin akan mampu melakukan seperti yang dilakukan untuk menolong saya pada malam itu. Dia telah membuktikan bahwa keberanian dan rasa tanggung jawab yang besar bisa timbul dari sebuah persahabatan yang tulus.
          Mata saya kemudian melirik seragam dinas yang tersampir di sandaran jok belakang. Sebagai jaksa yang baru menangani suatu kasus perdata, seragam itu belum bisa membuat saya bangga. Nilainya jauh lebih kecil dibanding nilai persahabatan yang saya dapatkan dari sebuah seragam coklat Pramuka. Namun dia tidak tahu, dengan seragam dinas itu, sayalah yang akan mengeksekusi pengosongan tanah di rumahnya.

Makna simbol seragam dinas pada kutipan cerita tersebut adalah ........
A.Pakaian
B.Kedudukan
C.Persahabatan
D.Baju kehormatan


19.             Mestinya aku hiraukan panggilan orang tadi. Ya, aku kan tidak mengenalnya meskipun ia menawarkan pemberian sesuatu padaku. Ibarat nasi yang telah menjadi bubur, kejadian buruk itu terlanjur menimpaku. Bukannya sesuatu yang kuterima, ponselku pun telah berpindah tangan. Lenyap bersama bayangan orang yang telah menipuku.

Amanat pada kutipan cerita tersebut adalah ........
A.Bersikap ramah ketika berbicara dengan orang yang tak dikenal.
B.Hati-hati bila ada tawaran dari orang tak dikenal
C.Hati-hati jika ada orang menelepon dan menawarkan hadiah
D.Setiap penawaran dari orang lain harus ditolak dengan halus


20.             "Pengawal, panggil anak-anak!" perintah Raja Singa. Tak lama kemudian, anak-anak singa sudah berkumpul dihadapan Ayah mereka. "Putraku, ini Raja Cacing Kincir Angin, ceritakanlah yang kalian alami ," terdengar suara Raja Singa bagai halilintar. "Waktu itu aku dan adik-adik sedang bermain di bawah pohon kasturi. Ketiga adik sedang berbaring di atas rumput, kakinya seperti dikelitik, setelah digaruk-garuk tanahnya ternyata segerombolan cacing sedang menuju keluar permukaan tanah," jelas si sulung dengan raut wajah nampak jijik. Mulai kejadian itu, Raja Singa mengusir warga cacing dari Negeri Kincir Angin walaupun telah meminta maaf.

Nilai moral pada kutipan cerita tersebut adalah ........
A.Siapa yang kuat, dialah yang berkuasa
B.Kita boleh memberikan hukuman agar tidak terulang lagi
C.Keputusan apa pun harus diambil dengan kepala dingin
D.Memutuskan sesuatu dilandasi oleh perasaan suka dan tidak suka


21.   Bagaimanapun juga, dia akan memperistrinya. Roro Jongrang takut menolak pinangan itu. Namun, dia tidak akan menerima begitu saja. Dia mau menikah dengan Bandung Bondowoso asalkan syarat-syaratnya dipenuhi. Syaratnya ialah supaya dia dibuatkan seribu candi dan dua sumur yang dalam. Semuanya harus selesai dalam satu malam. Bandung Bondowoso menyanggupinya meskipun agak keberatan. Dia minta bantuan ayahnya sendiri, orang sakti yang mempunyai bala tentara roh-roh halus. Pada hari yang ditentukan, Bandung Bondowoso dan pengikutnya serta roh-roh halus mulai membangun candi yang jumlahnya banyak itu ."

Penyebab konflik pada kutipan cerita tersebut adalah ........
A.Pinangan Bandung Bondowoso
B.Kesaktian Bandung Bondowoso
C.Orang sakti, ayah Bandung Bondowoso
D.Pekerjaan bala tentara roh-roh halus.


22.   Kutipan I
Saat kadal sedang santai di teras rumahnya, dia melihat Kura-kura menyeret beberapa karung makanan. "Ahaa ..... , kini aku bisa mendapatkan banyak makanan!". pikir si Kadal. Perlahan-lahan dia membuntuti Kura-kura, lalu di tempat yang sepi ia memotong satu tali penarik karung milik Kura-kura, dan beranjak pergi. Kura-kura awalnya tidak mengetahui kalau satu karung belanjaannya hilang. Namun, saat menoleh ke belakang ... "Aduh, belanjaanku hilang satu karung!"

Kutipan II
Semua burung bersorak senang sementara Kasuari lemas. Dengan perasaan malu dia meninggalkan tempat itu. Kasuari tidak pernah bisa terbang. Sayapnya yang dulu lebar dan kuat kini memendek karena sudah patah. Kini meski dia disebut burung, tetapi dia hanya bisa berjalan dan mencari makan di tanah seperti binatang lain yang tidak memiliki sayap.

Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan fabel tersebut adalah dimulai dengan ........
A.Kutipan I : Masalah yang harus diselesaikan
Kutipan II : Aksi tokoh
B.Kutipan I : Ketegangan
Kutipan II : Garis besar cerita
C.Kutipan I : Lokasi cerita
Kutipan II : Ketegangan
D.Kutipan I : Masalah yang harus diselesaikan
Kutipan II : Lokasi cerita


23.   Kutipan I
Temanku, Laras, seorang anak yang ceria dan humoris. Baginya setiap hari adalah menyenangkan. Nggak heran kalau Laras disenangi teman-temannya. Dia selalu hadir mengisi kekosongan hati teman-temannya. Sehari saja dia nggak masuk sekolah, kelas jadi nggak bergairah. Teman-teman sekelasnya selalu merindukan kehadirannya. Cerita-cerita bikin temannya ketawa lebar, yang sedih dan cemberut bakalan senyum-senyum

Kutipan II
Menjelang berangkat, Bu Siska mendatangi Arin. Kebetulan Bu Siska mengajar siang. Arin melihat Bu Siska memakai sepatu bukan yang biasanya dipakai sehari-hari. Modelnya berkesan lebih mahal warnanya juga tampak lebih muda. "Sepatu baru, Bu Siska?" kata Arin. Bu Siska hanya tersenyum lalu memandangi sepatu barunya untuk beberapa menit.

Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan teks cerita tersebut adalah ........
A.Kutipan I : Terdapat unsur bahasa daerah
Kutipan II : Terdapat unsur bahasa asing
B.Kutipan I : Banyak menggunakan kata tidak baku
Kutipan II : Menggunakan kata baku
C.Kutipan I : Kalimatnya berbelit-belit
Kutipan II : Kalimatnya sederhana
D.Kutipan I : Menggunakan majas
Kutipan II : Tidak menggunakan majas


24.   Sang semut selalu membanggakan dirinya yang bisa pergi ke tempat yang ia suka. Bahkan, sang semut kuat mengangkat beban yang lebih besar dari tubuhnya. Sang semut merasa bahwa dirinya adalah binatang yang paling hebat. Si kepompong hanya diam saja mendengar ejekan tersebut.
Pada suatu pagi, sang semut kembali ke taman itu. Karena hujan, genangan lumpur terdapat di mana-mana. Lumpur yang licin membuat semut tergelincir dan jatuh ke dalam lumpur. Sang semut pun hampir tenggelam dalam genangan lumpur itu.

Kebiasaan tokoh pada kutipan cerita tersebut adalah ........
A.Kuat mengangkat beban besar
B.Merasa binatang paling hebat
C.Selalu membanggakan dirinya.
D.Mudah tergelincir dalam lumpur


25.   "Tidak Ma, Sandra tidak mau lagi. Selama ini Sandra selalu menuruti keinginan Mama untuk ikut banyak kursus tetapi Mama tidak pernah bertanya keinginan Sandra. Sandra hanya ingin menjadi pengarang, bukan penyanyi." Bagai disambar petir, wajah Bu Ike merah padam karena malu bercampur marah. Bu Ike sadar ia lupa akan satu hal; belajar mendengarkan keinginan bukan selalu untuk menuruti keinginan orang tua.

Keunggulan kutipan cerita tersebut adalah ........
A.Banyak menggunakan bahasa daerah
B.Menggunakan sudut pandang orang pertama
C.Isi cerita memberikan pelajaran hidup
D.Menggunakan alur campuran.


26.   Setiap pagi Tuan Amir berjalan dari lokasi pelelangan satu ke pelelangan lain yang terletak ( .... ) sekitar Teluk Bayur.
Kata depan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ........
A.pada
B.dari
C.di
D.ke


27.   ( .... ), hebat sekali kamu, ulangan matematika sesulit itu mendapat nilai sempurna!
Kata seru yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ........
A.Wah
B.Aduh
C.Hai
D.Ah


28.   Petunjuk pemakaian senter:
(1) Tutup kembali bagian yang sudah dibuka.
(2) Buka tutup bagian belakang.
(3) Tekan tombol dengan baik.
(4) Masukan baterai dengan kepala ke arah depan semua.

Urutan petunjuk pemakaian senter tersebut yang tepat adalah ........
A.(2)-(4)-(1)-(3)
B.(2)-(1)-(3)-(4)
C.(3)-(2)-(1)-(4)
D.(3)-(4)-(2)-(1)


29.   Bacalah teks berikut!
(1) Perjalanan wisata ke Kampung Wisata Cinangneng itu akan kami jadikan kegiatan rutin tahunan.
(2) Kami berangkat menuju Kampung Wisata Cinangneng hari Sabtu, tanggal 8 Oktober, pukul 07.00
(3) Sesampai di sana banyak temuan yang kami catat sebagai tambahan ilmu pengetahuan
(4) Objek Wisata Kampung Cinangneng merupakan pilihan utama tujuan wisata kami
(5) Rombongan kami berjumlah 200 orang dengan 4 bus.

Susunan kalimat laporan tersebut yang tepat adalah ........
A.(5)-(2)-(1)-(3)-(4)
B.(4)-(5)-(2)-(1)-(3)
C.(5)-(5)-(2)-(4)-(1)
D.(4)-(2)-(5)-(3)-(1)


30.   Upaya menekan konsumsi bahan bakar bisa dilakukan dengan berbagai cara. ( .... ), Perpindahan persneling sebaiknya dilakukan ketika mesin berada di bawah 3.000 rpm. Langkah ini perlu dibarengi dengan cara menginjak pedal gas yang halus.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ........
A.Mobil keluaran tahun 2000-an lebih halus.
B.Salah satu di antaranya dengan teknik perpindahan persneling.
C.Persneling setiap mobil letaknya berbeda-beda
D.Di antaranya harus diperhatikan kecepatan mobil


31.   Aku rindu menceritakannya lagi padamu. Sembari mengenang masa kecilmu yang penuh cekikik geli atau rengekan manja yang sering membuatku gemas. Anggap saja masa kecilmu tak sanggup mengingat dongeng itu. Dan sekarang, aku akan mengingatkan kembali untukmu, Ning. Pengubahan kutipan cerita tersebut menjadi sudut pandang orang ketiga yang tepat adalah ....
A.
B.
C.
D.


32.   (Di beranda rumah ada seperangkat kursi. Hari masih pagi. Di dekat kursi Rara mencium tangan ibu. Sementara Fathia, Tary, dan Rita menunggu di halaman depan)
Ra : (melepaskan tangan ibu) Ra berangkat, Bu. (lari menuju teman-temannya)
Ibu : Ya, hati-hati di jalan! (ibu masuk)
(Ra, Fathia, Tary, dan Rita berjalan dan bertemu lelaki tua sedang mengaduk tempat sampah)

Cerpen yang tepat berdasarkan kutipan drama tersebut adalah ........
A.
B.
C.
D.


33.   Objek pengamatan   : Pencemaran air sungai
Waktu                      : Minggu, 7 Agustus 2016
Tempat                     : Sungai Candi
Tujuan                      : Mengetahui pencemaran air Sungai Candi
Hasil                         : - sungai sudah tercemar
                                  - sampah menumpuk
                                  - air kehitaman
                                  - penuh eceng gondok

Teks laporan yang tepat berdasarkan data hasil pengamatan tersebut adalah ........
A.
B.
C.
D.


34.   Pada Olimpiade 2016 Rio De Janeiro, nomor ganda putri cabang perlombaan bulu tangkis diikuti 16 pasang atlet dan dirinci ke dalam empat grup.
Pilihan kata yang salah pada kalimat tersebut adalah ........
A.Perlombaan
B.Putri
C.Atlet
D.Dirinci


35.   (1) Pengurus OSIS telah melakukan rapat beberapa hari yang lalu. (2) Dalam rapat itu memutuskan bahwa akan diadakan acara jalan sehat. (3) Kegiatan itu dilakukan untuk memeriahkan ulang tahun sekolah. (4) Sekolah menyediakan hadiah menarik bagi peserta jalan sehat.
Kalimat tidak efektif dalam teks ditandai dengan nomor ........
A.(1)
B.(2)
C.(3)
D.(4)


36.   Gedung itu direnovasi dengan ( ..... ) ratusan tenaga ahli bangunan dari berbagai daerah di Indonesia.
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ........
A.Menyibukkan
B.Menampilkan
C.Menjadikan
D.Melibatkan


37.   "Ulu, tidakkah kamu tahu bahwa ( ... ) Pencipta membuat kita dengan keunikan yang berbeda-beda?"
Kata sandang yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ........
A.sang
B.dang
C.si
D.yang


38.   Mikroskop merupakan alat yang digunakan untuk mengamati objek berukuran sangat kecil ( .... )(1) mikroskopis. Pengamatan tersebut sering dilakukan dalam penelitian. Mikroskop tidak hanya digunakan oleh para peneliti, ( .... ) (2) juga siswa di sekolah.
Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ........
A.(1) adalah, (2) dan
B.(1) dan, (2) tetapi
C.(1) atau, (2) tetapi
D.(1) adalah, (2) dan


39.   Banyak kejadian di masyarakat yang dipicu oleh hal-hal kecil. Masyarakat bertindak karena mendapatkan provokator dari oknum yang tidak bertanggung jawab. Itulah yang menyebabkan mereka berbuat anarkisme. Seharusnya mereka melakukan klasifikasi dulu kepada pihak lain sehingga tidak gegabah dan emosional.
Pengganti istilah anarkisme dan klasifikasi pada teks tersebut secara berturut-turut adalah........
A.Anarki, klarifikasi
B.Anarkis, klarifikasi
C.Anarkistis, klarifikasi
D.Anarkis, verifikasi


40.   Ketika Rima ingin pulang ke daerahnya dengan kereta api, seringkali ia harus menyiapkan bekal berlipatganda.
Perbaikan penulisan kata gabung pada kalimat tersebut adalah ........
A.Ke daerahnya seharusnya kedaerahnya
B.Kereta api seharusnya keretaapi
C.Seringkali seharusnya sering kali
D.Berlipatganda seharusnya berlipat ganda


41.   Herman lebih mahir sekali menganyam rotan daripada bambu.
Perbaikan kalimat tersebut agar menjadi kalimat efektif adalah ........
A.Herman mahir menganyam rotan dari bambu
B.Herman mahir sekali dalam anyam rotan dari bambu
C.Herman lebih mahir sekali menganyam rotan pada bambu
D.Herman lebih mahir menganyam rotan daripada bambu


42.   (1) Sejumlah kendaraan pun mogok di Kota Padang, baik mobil, angkutan kota maupun sepeda motor. (2) Beberapa lokasi tepian jalan menjadi lokasi mirip bengkel dadakan untuk upaya menghidupkan kembali kendaraan yang mati terkena rembesan air genangan banjir itu. (3) Mereka seperti tak peduli lagi dengan harga bensin yang juga tidak turun. (4) Siapakah yang mesti disalahkan atas banjir ini?

Perbaikan teks tersebut agar menjadi padu adalah dengan cara menghilangkan kalimat nomor ........
A.(1)
B.(2)
C.(3)
D.(4)


43.   Pada era zaman modern ini teknologi berkembang sangat pesat.
Penggunaan kata era pada kalimat tersebut salah karena ........
A.Mempunyai makna bertentangan dengan zaman
B.Seharusnya terletak setelah zaman
C.Tidak sesuai konteks kalimat
D.Mempunyai makna yang sama dengan zaman


44.   Rumah pejabat baru dibangun dengan sangat mewah.
Kalimat tersebut tidak efektif karena ........
A.Karena memiliki subjek
B.Predikatnya kata kerja pasif
C.Memiliki makna ganda
D.Tidak disertai keterangan tempat


45.   Tarip data internet operator di Indonesia masih termurah setelah India, klaim ini berdasarkan pengalaman dengan operator luar negeri.
Perbaikan penulisan kata yang tidak tepat pada kalimat tersebut adalah ........
A.Tarip menjadi Tarif
B.Operator menjadi Operathor
C.Internet menjadi Inthernet
D.Klaim menjadi Kleim


46.   Gelombang di daerah Pantai Kuta pulau Bali sangat tinggi.
Kesalahan penulisan huruf pada kalimat tersebut terdapat pada kata ........
A.Gelombang
B.Daerah
C.Pantai
D.Pulau


47.   (1) Pada awal tahun pelajaran, orang tua siswa disibukkan dengan pemenuhan kebutuhan alat sekolah. (2) Hampir semua siswa dibelikan tas, sepatu, alat tulis, dan seragam baru. (3) Banyak peralatan sekolah yang masih layak pakai, tetapi mereka tetap minta dibelikan alat yang baru. (4) Alasannya adalah mereka malu jika, masih menggunakan peralatan sekolah yang lama.
Kesalahan penggunaan tanda baca pada teks tersebut ditandai dengan nomor ........
A.(1)
B.(2)
C.(3)
D.(4)


48.   "Salah satu museum yang banyak dikunjungi pelajar adalah museum geologi Bandung. Museum ini didirikan pada zaman kolonialisme Belanda. Didirikan pada masa revolusi industri di benua Eropa. Saat itu para ahli geologi sedang giat melaksanakan penyelidikan geologi."
Perbaikan penulisan huruf kapital kata pada teks tersebut adalah ........
A.Museum geologi Bandung, Benua Eropa
B.Museum Geologi Bandung, Benua Eropa
C.museum Geologi Bandung, Benua Eropa
D.museum Geologi Bandung, benua eropa


49.   Selamat, Apa pun teks yang kamu susun adalah hasil karya sendiri.
Perbaikan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ........
A.Selamat, Apa pun teks yang kamu susun adalah hasil karya sendiri!
B.Selamat! Apa pun teks yang kamu susun adalah hasil karya sendiri!
C.Selamat! Apa pun teks yang kamu susun adalah hasil karya sendiri.
D.Selamat: Apa pun teks yang kamu susun adalah hasil karya sendiri.


50.   Belum lama ini Anita menempati rumah barunya. Sebelumnya, Anita beserta keluarganya mengontrak di Jalan Wijaya Kusuma, Sidoarjo. Dia ingin mengisi rumahnya dengan perabot baru. Anita membeli perabot rumah tangga; kursi, karpet, dan tempat tidur.
Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ........
A.Tanda baca koma (,) tidak diperlukan setelah kata karpet
B.Setelah kata sebelumnya tidak diperlukan tanda koma (,)
C.Kalimat keempat tidak memerlukan tanda baca koma (,)
D.Tanda baca titik koma (;) seharusnya titik dua (:)


HomeCopyright 1999-2020, InVirCom, All rights reserved.
Homepage : http://www.invir.com, email : banksoal@invir.com